Muhammadiyah Tetapkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H - Amalan dan Puasa yang Dianjurkan

Feb 20, 2023

1 Muharram 1445 H merupakan momen penting dalam kalender Islam di mana umat Muslim merayakan pergantian tahun Hijriyah. Muhammadiyah, sebagai organisasi Islam terkemuka di Indonesia, telah menetapkan tanggal resmi pergantian tahun baru Islam pada 1 Muharram.

Amalan yang Dianjurkan di Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

Sebagai bagian dari merayakan tahun baru Islam, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Salah satunya adalah meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada hari tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al-Quran, berzikir, dan memperbanyak doa untuk memohon keberkahan di tahun baru ini.

Selain itu, melakukan sedekah kepada sesama yang membutuhkan juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan di 1 Muharram 1445 H. Dengan memberikan bantuan kepada orang lain, kita juga mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT.

Puasa Sunnah di Hari Tahun Baru Islam

Di hari 1 Muharram, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah sebagai bentuk syukur akan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT. Puasa sunnah di hari tersebut adalah salah satu amalan yang dapat mendatangkan keberkahan dan pahala besar bagi yang melakukannya.

Keutamaan Puasa di Hari 1 Muharram

Puasa pada hari 1 Muharram memiliki keutamaan yang sangat besar di mata Allah SWT. Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Muslim untuk berpuasa pada hari tersebut sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan.

Penutup

Dengan menetapkan 1 Muharram 1445 H sebagai tahun baru Islam, Muhammadiyah ingin mengajak umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ibadah di tahun baru ini. Mari kita jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.